TUJUAN PENDIDIKAN KARAKTER
Pendidikan karakter pada dasarnya bertujuan membentuk sebuah bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuannya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa berdasarkan pancasila. Menurut Susilo Bambang Yudhoyono, ada lima hal dasar yang menjadi tujuan Gerakan Nasional Pendidikan unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Apa saja lima hal dasar tersebut, untuk itu mari kita simak kelima tujuan tersebut adalah:
- Manusia Indonesia, harus bermoral, berakhlak, dan berprilaku baik. Maka dari itu, masyarakat Indonesia dihimbau untuk menjadi masyaraat religius yang anti kekerasan.
- Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang cerdas dan rasional, berpengetahuan dan memiliki daya nalar yang tinggi.
- Bangsa indonesia menjadi bangsa yang inovatif dan mengejar kemajuan serta kerja keras mengubah keadaan.
- Harus bisa memperkuat semangat. Seberat apa pun masalah yang dihadapi jawabannya selalu ada.
- Manusia Indonesia harus menjadi patriot sejati yang mencintai bangsa dan negara serta tanah airnya.
Sedangkan tujuan Pendidikan Karakter menurut Dharma Kesuma, Cepi Triatna, dan Johar Permana (2011:9) adalah:
- Memfasilitasi penguatan dan pengembangan nilai-nilai tertentu sehingga terwujud dalam prilaku anak, baik ketika proses sekolah maupun setelah proses sekolah (setelah lulus dari sekolah)
- Mengoreksi prilaku peserta didik yang tidak bersesuaian dengan nilai-nilai yang dikembangkan sekolah.
- Membangun koneksi yang harmoni dengan keluarga dan masyarakat dalam memerankan tanggung jawab pendidikan karakter secara bersama.
Baca: Proses Pembentukan Karakter
Baca: Pengertian dan Persamaan Serta Perbedaan Antara Karakter, Akhlak dan MoralJadi, dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter, itu bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah kepada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai dengan standar kompetenasi lulusan. Karena melalui pendidikan karakter diharapkan peserta didik mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasikan nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam prilaku sehari-hari.
FUNGSI PENDIDIKAN KARAKTER
Diatas telah kita bahas tentang tujuan pendidikan karakter, sekarang mari kita bahas tentang fungsi pendidikan karakter. Apa saja fungsi pendidikan karakter? Pertama, fungsi nya yaitu mengembangkan potensi dasar agar berhati baik, berprilaku baik, dan berfikiran baik. Kedua yaitu memperkuat ddan membagun prilaku bangsa yang multikultur, dan ketiga meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam pergaulan dunia.