KONSEP PENGELOLAAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI TAMAN KANAK-KANAK
I. Visi dan Misi Pengelolaan Pendidikan Lingkungan Hidup
- Visi pendidikan lingkungan hidup bagi pendidikan dasar dan menengah adalah mewujudkan sekolah berbudaya lingkungan hidup.
- Misi
- Membina, menciptakan dan memanfaatkan sumber daya secara efisien dan berkelanjutan.
- Membina dan membentuk sikap dan prilaku warga sekolah dan masyarakat yang rasional dan bertanggung jawab terhadap masalah lingkungan hidup.
II. Sekolah Hijau
Sekolah hijau atau Green School merupakan salah satu wujud pengimplementasian strategi pengelolaan lingkungan di jawa barat. Pendidikan atau pengajaran akan efektif dan efisien apabila disesuaikan dengan subjek didiknya, oleh sebab itu tindakan yang dapat dilakukan dalam pelaksanaan sekolah hijau di taman kanak-kanak dapat melalui :
1. Menciptakan gerakan-gerakan/aksi kecil di sekolah, contohnya;
- Back to tas kertas
- Love tong sampah
- Go to hell zat adiktif ( pergilah zat beracun yang membahayakan)
- We love green school (kami cinta sekolah hijau).
Yang dilaksanakan secara proporsional dan tidak perlu menambah waktu yang tersedia. Artinya tidak disampaikan dalam bidang pengembangan kemampuan dasar baru tetapi dapat dimasukan pada setiap bidang pengembangan kemampuan dasar yang sudah ada dan sesuai dengan jam yang tersedia.
Baca Juga: MEWUJUDKAN SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN DI TAMAN KANAK-KANAK
Baca Juga: MEWUJUDKAN SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN DI TAMAN KANAK-KANAK
III. Contoh-contoh Kegiatan PLH yang dapat dilakukan di Taman Kanak-kanak
Kegiatan-kegiatan bermain di TK pada dasarnya sudah merupakan bentuk pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup yang sangat jelas, karena kegiatan yang dilakukan oleh anak secara keseluruhan dipraktekan langsung dalam pembelajaran sehari-hari. Contoh kegiatan sederhana yang dapat dilakukan dan itu ada kaitannya dengan PLH misalnya; membersihkan meja kerja, merapihkan buku-buku dan alat kerja/bermain, melap tangan sesudah melakukan kegiatan kotor seperti; m3, melukis/finger painting, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, piket kelas; menyapu, membuang sampah, menyiram tanaman, dan lain-lain.
Untuk lebih jelasnya ada contoh kegiatan yang secara rinci diuraikan dan dapat dilakukan di Taman kanak-kanak;
Kegiatan
1. Judul ; memilih sampah
2. Tujuan
- Memisahkan antara sampah kertas dengan sampah lainnya
- Menjaga kebersihan lingkungan
- Mendidik anak untuk dapat mengelola sampah secara sederhana dengan baik
Kegiatan ini dapat dilakukan minimal sebulan sekali, pada saat kegiatan kerja bakti.
4. Alat dan Bahan
- 2 buah tempat sampah
- Kertas
- Spidol besar
- Lem atau selotip
- Berbagai jenis sampah
- Masing-masing tempat sampah diberi tulisan sampah kertas dan sampah bukan kertas
- Berilah contoh memilih sampah kertas dan sampah bukan kertas
- Kerjakan bersama-sama hingga seluruh sampah yang ada terpilih dan masuk sesuai tempatnya.
Kegiatan lain yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan limbah kertas bekas seperti; koran, majalah, kalender, bekas air mineral untuk kegiatan bermain anak yang terintegrasi dengan bidang perkembangan di TK.