Mewujudkan Sekolah Berbudaya Ligkungan Di Taman Kanak-Kanak
Ligkungan hidup merupakan masalah penting yang harus menjadi perhatian semua pihak. Keterikatan antara lingkungan hidup dengan kesejahteraan masyarakat disekitarnya sangat jelas. Hanya dalam lingkungan hidup yang tertata dan terpelihara dengan baik masyarakat dapat menjalankan aktifitasnya dengan baik.
Indonesia merupakan negara tropis yang sangat potensial kekayaan alamnya, baik flora, fauna maupun bahan tambang lainnya. Dengan kondisi tersebut seharusnya Indonesia menjadi negara makmur dan sejahtera karena sumber daya alam yang melimpah. Sayangnya kondisi lingkungan hidup di Indonesia mengalami degradasi. Terjadi ketidakseimbangan antara faktor biotik dan abiotik, akibat eksploitasi alam yang diperbuat oleh manusia itu sendiri.
Maka dari itu, diperlukan upaya penyadaran seluruh kalangan masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup disekitarnya. Salah satu upaya yang tepat dilakukan itu melalui pendidikan lingkungan hidup di sekolah pada generasi muda, sehingga diharapkan mereka sebagai pewaris di masa yang akan datang bisa mengelola lingkungan hidup dengan baik. Menurut suwondo (2003; 1) Konsep ideal pendidikan ligkungan (PLH) adalah salah satu upaya agar PLH ini dapat dihayati oleh semua orang. Oleh karena itu penyebarluasan pelaksanaan PLH ini seharusnya diberikan sejak dini terutama ditunjukan bagi warga sekolah tingkat dasar sehingga terwujud Sekolah Berbudaya Lingungan (SBL) dengan cara mengimplementasikan konsep LH dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dan di masyarakat secara terus menerus, sehingga dapat mewujudkan lingkungan yang indah, bersih, nyaman, aman dan sejahtera.
Sekolah merupakan media yang sangat strategis dalam menanamkan kesadaran berbudaya lingkungan. Disini anak secara bertahap diberikan pemahaman akan pentingnya lingkungan hidup yang lestari, dimasa depan mereka adalah kader bangsa yang potensial yang akan menentukan baik buruknya sebuah lingkungan hidup di masyarakat dan Indonesia secara luas.
Pendidikan di taman kaak-kanak sebagai jenjang pendidikan pradiksar juga menjadi bagian teramat penting dalam upaya penanaman pemahaman tentang PLH. Karena penanaman masalah lingkungan yang diberikan sejak dini kepada anak akan dapat membuat anak menyadari pentingnya peran lingkungan hidup bagi kelangsungan hidup di masa mendatang.
Download APLIKASI CBT DAN DRAF PANDUAN PELAKSANAAN UNBK 2017
Download APLIKASI CBT DAN DRAF PANDUAN PELAKSANAAN UNBK 2017