GURU ADALAH AKTOR SEKALIGUS SUTRADARA TERBAIK DI KELAS
Upaya meningkatkan mutu pendidikan harus dimulai dari aktor kuncinya yaitu guru. Keberhasilan dalam pembelajaran yang utama dalam pendidikaan ditentukan oleh guru. Salah satu kompetensi pedagogik diantaranya, guru harus pandai mengelola pembelajaran untuk peserta didik, yang mencakup perancangan (membuat skenario RPP) dan pelaksanaan pembelajaran (action dalam kelas). Menghadapi berbagai tantangan dalam reformasi pendidikan nasional diperlukan kualitas guru yang mampu mewujudkan kinerja profesional. Fungsi guru dalam pembelajaran sangat penting karena keberhasilan pendidikan sebagaiman yang diharapkan banyak ditentukan kemahiran, keterampilan dan kepribadian guru dalam melaksanakan tugas mendidik, mengajar dan melatih para siswanya.
Pembelajaran adalah salah satu aspek substansi kemampuan guru. Persoalan-persoalan pembelajaran yang dialami siswa secara fisiologis seperti siswa jenuh, stres dan tidak semangat dalam belajar dipicu oleh kelemahan guru dalam menerapkan strategi dan metode pembelajaran. Jika metode dan strategi pembelajaran yang tepat diterapkan maka guru melaksanakan tugasnya penuh percaya diri yang tinggi, menjadikan mengajar sebagai aktivitas yang menyenangkan dan siswa pun memiliki minat dan motivasi terhadap pembelajaran yang efektif, produktif dan profesional.
Pastinya setiap guru sudah ahli dalam membuat RPP, sebab RPP merupakan salah satu tugas yang harus dikerjakan oleh seorang guru sebelum melakukan pembelajaran. Dengan sendirinya guru pasti sudah mahir dalam membuat RPP karena melalui berbagai pengalaman mengajar dari skenario bermacam-macam RPP yang diterapkan akan mengetahui mana yang cocok atau tidak sesuai, dalam penyusunan RPP selalu ada perubahan-perubahan dari inovasi yang diterapkan hingga singkron dengan kebutuhan anak didiknya untuk mencapai tujuan yang lebih baik sesuai harapan. Skenario pembelajaran yang dirancang dengan baik sangat berpengaruh pada proses kegiatan belajar di kelas.
RPP berisi langkah-langkah mengajar di dalam kelas sesuai materi dan konisi siswa agar tercipta situasi belajar mengajar yang kondusif dan menyenangkan. Dengan membuat RPP sebelum mengajar berarti guru dapat menguasai materi dan pembelajaran. Dikelas tersebut. Dengan demikian seorang guru akan berperan sebagai aktor sekaligus menjadi sutradara yang baik dalam membuat potret pembelajaran.