logo blog
Sela Sela Sela
Terima kasih atas kunjungan Anda di website Jendela Pendidikan,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kumpulan Silabus dan RPP SMP/MTs Kelas VII, VIII, IX Kurikulum 2013 Terlengkap



Jendela Pendidikan
Silabus Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dibuatkan oleh Tim Kemdikbud. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, bahan/alat belajar. Silabus merupakan  rencana pembelajaran yang memiliki manfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran.  Oleh karena itu, setiap guru harus mampu mengembangkan silabus secara mandiri.

Dalam mengembangkan silabus , guru  harus melakukan analisis atau pemetaan Standar Inti (SI) dan Kompetensi Dasar (KD). Silabus yang disusun melalui hasil pemetaan SI/KD menghasilkan silabus yang sesuai tuntutan kompetensi mata pelajaran. Silabus merupakan rancangan minimal pembelajaran yang dijadikan dasar bagi guru untuk mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disesuaikan dengan kondisi sekolah, peserta didik, dan masyarakat yang dilayani oleh suatu satuan pendidikan. Maka dari itu kami akan share panduan umum tentang penyusunan silabus.
Baca Juga Contoh Panduan Umum Penyusunan Silabus
Baca Juga Contoh KD PKn SMP/MTs 
Setelah menyusun silabus, setiap guru  harus menyusun RPP secara sistematis yang mengacu pada silabus. RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan implementasi dari silabus sebagai program pengajaran.  Pada kurikulum 2013 penyusunan RPP masih menjadi kewajiban guru dalam pembelajaran.
RPP Kurikulum 2013 memuat hal-hal yang langsung berkaitan dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar (KD). Di dalam RPP secara rinci harus memuat Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian.
Bahwasannya kerangka dasar Kurikulum 2013 yaitu Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar menjadi rambu-rambu dan acuan dalam menyusun silabus dan RPP. Dalam menyusun format urutan Kompetensi dasar (KD), materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator dan seterusnya.
Download: KUMPULAN SILABUS DAN RPP SMP/MTS KELAS 7,8,9 KTSP LENGKAP
Download: KUMPULAN SILABUS DAN RPP KURIKULUM 2013 SMA/MA LENGKAP 
Di bawah ini teman-teman bisa lagsung mendownload Contoh Silabus dan RPP untuk SMP  kurikulum 2013.

Download Contoh Silabus


Enter your email address to get update from jendela pendidikan.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Jendela Pendidikan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger