logo blog
Sela Sela Sela
Terima kasih atas kunjungan Anda di website Jendela Pendidikan,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Model Pembelajaran Tari Bambu dalam Kurikulum 2013


Pada postingan sebelumnya, situs Jendela Pendidikan telah mengulas tentang model pembelajaran yang biasa kita kenal dengan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy dan Repetition). Dari salah satu model-model pembelajaran kurikulum 2013, sekarang situs jendela pendidikan akan mengulas tentang apa yang dinamakan dengan model pembelajaran tari bambu? Nah, langsung saja kita bahas.

Model pembelajran tari bambu (Bamboo Dancing) memiliki sebuah tujuan agar siswa dapat saling berbagi informasi bersama-sama dengan pasangan yang berbeda dalam waktu singkat secara teratur. Strategi tari bambu ini, cocok sekali untuk materi yang membutuhkan pengalaman, pikiran, dan informasi antar siswa.
Pembelajaran diawali dengan pengenalan topik. Guru dapat menulisakan topik tersebut di papan tulis atau mengadakan tanya jawab apa yang siswa ketahui tentang materi tersebut. Kegiatan saling bertukar pikiran ini dimaksudkan untuk mengaktifkan struktur kognitif yang dimiliki peserta didik agar lebih siap menghadapi pelajaran yang baru.

Selanjutnya guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok besar (atau biisa disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada). Jika dalam kelas ada 40 orang, maka tiap kelompok besar terdiri 20 orang. Kemudian aturlah sedemikian rupa pada tiap-tiap kelompok besar, yaitu 10 orang berdiri berjajar saling berhadapan dengan 10 orang lainnya yang juga dalam posisi berdiri sejajar. Dengan demikian, didalam setiap kelompok besar saling berpasang-pasangan. Dan pasangan ini disebut pasangan awal. Kemudian, pada kesempatan itu, berikan waktu yang cukup kepada siswa untuk mendiskusikan tugas yang diterima.

Usai diskusi, 20 orang dari tiap-tiap kelompok besar itu bergeser mengikuti arah jarum jam. Dengan cara ini setiap siswa akan mendapatkan pasangan baru untuk berbagi informasi, demikian seterusnya. Pergeseran searah jarum jam, baru berhenti ketika tiap-tiap siswa kembali ke pasangan awal.
Model pembelajaran tari bambu ini, bertujuan agar siswa saling berbagi informasi pada saat bersamaan dengan pasangan yang berbeda dalam waktu singkat secara teratur. Strategi tari bambu ini, cocok sekali untuk materi yang membutuhkan pengalaman, pikiran, dan informasi antar siswa. Meskipun bernama bamboo dancing, model pembelajaran ini tidak menggunakan bambu. Siswa yang berjajarlah yang diibaratkan sebagai batang bambu.

Langkah-Langkah
  • Separuh jumlah siswa di kelas atau seperempatnya jika jumlah siswa terlalu banyak berdiri berjajar. Jika ada cukup ruang, siswa bisa berjajar di depan kelas. Kemungkinan lain adalah siswa berjajar di sela-sela deretan bangku. Cara yang kedua ini akan memudahkan pembentukan kelompok karena diperlukan waktu yang relatif singkat.
  • Separuh kelas lainnya berjajar dan menghadapi jajaran yang pertama
  • Dua siswa yang berpasangan dari kedua jajaran pindah ke ujung lainnya di jajarannya. Jajara ini kemudian bergeser. Dengan cara ini masing-masing siswa mendapat pasangan yang baru utuk berbagi. Pergeseran bisa dilakukan terus menerus sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan
  • Siswa bisa bertukar pengalaman dan pengetahuan dengan semuannya dalam proses pembelajaran
  • Meningkatkan kecerdasan sosial dalam hal kerja sama antar siswa
  • Meningkatkan toleransi antara sesama siswa.

Kekurangan
  • Kelompok belajarnya terlalu gemuk sehingga menyulitkan proses belajar mengajar
  • Siswa lebih banyak bermain daripada belajar
  • Memerlukan periode waktu yng tidak sebentar

Nah, ulasan diatas merupakan gambaran tentang model pembelajaran bamboo dancing atau tari bambu dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Enter your email address to get update from jendela pendidikan.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Jendela Pendidikan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger